4 Alat Pengiris Bawang, Salah Satunya Harus Ada di Dapur Bunda


Mengiris bawang merah atau bawang putih memang butuh pengorbanan. Terlebih, dalam jumlah banyak. Air mata bisa-bisa deras mengalir keluar karena mata kepedihan.

Itu kalau bawang putih dan bawang merah Anda iris secara manual menggunakan pisau dapur. Tapi tidak kalau Anda menggunakan alat yang dirancang khusus untuk mengiris bawang putih maupun bawang merah.

//
Setidaknya ada 4 model alat pengiris bawang. Dan, salah satunya harus ada di dapur Bunda kalau memang tak ingin menanggung risiko keluar air mata efek dari mengiris bawang secara manual dengan menggunakan pisau dapur.


1. Onion Slicer dengan Handle Berputar



Model dari alat pengiris bawang adalah onion slicer dengan handle berputar. Alat ini mudah digunakan. Anda cukup memasukkan bawang pada lubang yang sudah dirancang pada bagian atas. Tekan dengan salah satu jari, kemudian putar handle-nya. Bawang putih atau bawang merah pun sudah teriris dengan sempurna.


2. Onion Slicer Parut Berpenampung



Yang kedua adalah alat pengiris bawang dengan model parut plus penampung. Alat ini juga mudah digunakan. Anda cukup meletakkan bawang merah atau bawang putih yang akan diiris penutup penampung. Tekan dengan hendlenya, kemudian lakukan gerakan maju mundur. Maka, irisan bawang merah atau bawang putih akan tertampung pada wadahnya. Menariknya, selain bawang putih dan bawang merah, alat ini juga dapat digunakan untuk mengiri wortel, ketimun, lobak, dan yang lain.


3. Onion Slicer Tanpa Penampung



Sistem kerja alat ini masih sama seperti parutan. Lebih sederhana dari sebelum, alat ini memang dirancang tanpa penampung. Pisau potongnya juga beragam. Jadi, selain bawang putih atau bawang merah, Anda juga memotong buah dan sayuran lain.


4. Mini Onion Slicer Parut



Model yang keempat dari alat pengiris bawang adalah mini onion slicer. Cara kerjanya mirip dengan parutan kelapa. Bedanya, arah memarutnya bukan naik turun tapi maju mundur. Alat ini mudah digunakan dan dijamin tak akan membuat mata Anda jadi pedih.

//
Nah, itulah 4 alat pengiris bawang merah maupun bawang putih. Salah satunya harus ada di dapur Bunda, sehingga acara mengiris bawang jadi lebih mudah dilakukan dan tidak berisiko. Bunda pilih yang mana? Simak juga 5 alat masak yang wajib ada di dapur atau begini cara menyimpan nasi supaya tak mudah basi (County of Food - Yudha Putra Kusuma)

Subscribe to receive free email updates: